Saturday, June 07, 2008

Jalan-jalan!

Oleh-oleh dari Busan-Korea

Ditulis oleh ASDA

Berhubung kimchi dan nori cukup menyita bagasi untuk dibawa pulang, maka terbersit ide untuk membuat tulisan ringan ini sebagai buah tangan buat warga PPIK. Siapa tahu Busan bisa menjadi tujuan piknik rutin PPIK di masa mendatang wah bakalan seru deh, tapi mohon maaf oleh-olehnya rada telat.

Seperti biasanya, penghuni lab saya selalu semangat mengikuti konferensi, baik yang domestik maupun yang internasional dan kali ini tujuannya adalah Busan yang menjadi tuan rumah konferensi World Aquaculture Society. Karena Busan (atau Pusan bagi orang Jepang)begitu dekat dengan Fukuoka, maka saya bersama 7 rekan lainnya memilih menggunakan ferry ketimbang pesawat, selain lebih murah, rute perjalanan pun lebih singkat. Saat check-in di Fukuoka International Port, saya sempat tertahan beberapa menit lamanya karena di paspor saya tidak ada visa. Bagi yang pernah ke Korea, mungkin sudah tahu bahwa hanya paspor dinas (service paspor) yang diperbolehkan mengunjungi Korea tanpa visa, tidak untuk paspor wisata. Jadi, jika ingin berkunjung , jangan lupa melirik paspornya, biru atau hijau.

Meskipun saya tidak bisa mengikuti seluruh acara konferensi hingga selesai, 3 hari cukup puas rasanya bertemu teman-teman lama khususnya dari Indonesia, yah..berseminar sambil bereuni. Tapi 3 hari rasanya begitu singkat kalau tujuannya untuk jalan-jalan. Ada pantai Haeundae dengan akuariumnya, Yongdusan Park, temple, dll. Kalau senang ikan, Jagalchi fish market yang merupakan tempat pelelangan ikan sangat menarik untuk dikunjungi. Sayangnya, saya tidak bisa gabung dengan rekan2 lainnya mengunjungi tempat pasar tersebut.


Yang berkesan dari perjalanan kali ini adalah makanan Korea yang sangat menggugah selera apalagi buat yang senang dengan makanan pedas. Kimchi rasanya tidak pernah absen mengiringi makanan utama, ibarat sambal untuk makanan Indonesia. Begitupun dengan bawang putih, juga selalu hadir sebagai pelengkap baik yang segar, digonseng maupun diacar. Pernah mencoba nori Korea? Bagi orang Indonesia, nori Korea yang diberi rasa asin, sedikit manis ataupun pedas mungkin lebih enak ketimbang nori Jepang yang umumnya tanpa rasa. Wah, oleh-olehnya rasanya sudah kebanyakan, jadi cukup sampai disini dulu yah.


0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home